LPM.IAIN-MANADO.AC.ID, MANADO. Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) merupakan sistem aplikasi yang dibuat oleh BAN-PT untuk proses akreditasi perguruan tinggi secara online. Dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi. SAPTO mendukung setiap proses yang dilakukan dalam akreditasi seperti pengajuan usulan akreditasi oleh perguruan tinggi, pemeriksaan dokumen, penugasan asesor dan validasi yang dilakukan, proses asesmen kecukupan (AK) dan asesmen lapangan (AL) oleh asesor.

Dalam aplikasi SAPTO, Perguruan Tinggi (PT) berperan sebagai entitas yang mengajukan usulan akreditasi baik untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), maupun Akreditasi Program Studi (APS). Setiap perguruan tinggi akan diberi 1 (satu) akun menggunakan kode perguruan tinggi yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti). Akun tersebut digunakan untuk mengajukan akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi yang berada di lingkungan perguruan tinggi tersebut.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman SAPTO di lingkungan IAIN Manado, maka Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri Manado meneyelenggarakan pelatihan SAPTO bagi para calon operator SAPTO ditingkat Fakultas IAIN Manado. Pelatihan yang dihadiri utusan dari Fakultas dan Pascasarjana dilakukan pada Rabu, 7 Juli 2019 di ruang rapat LPM IAIN Manado.

Materi pelatihan disampaikan kepala LPM, Husni Idris, serta Kepala Pusat Audit Mutu LPM Ridwan, dalam materinya, Husni Idris menyampaikan bahwa perubahan kriteria standar dari 7 menjadi 9 kriteria harus lebih memacu fakultas untuk meningkatkan kualitas dokumen borang sehingga dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam pelatihan juga diselingi dengan brain storming tentang penggunaan SAPTO serta berbagai masalah teknis dalam pengoperasian aplikasi tersebut. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat menyebarluaskan pemahaman serta penggunaan SAPTO sehingga dapat mempermudah proses akreditasi program studi maupun institusi IAIN Manado kedepannya.

(djo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: