Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi merupakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Penjaminan mutu sebagaimana dimaksud dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar pendidikan tinggi.

Dalam rangka menunjang tugas dan fungsi penjaminan mutu pendidikan tinggi tersebut di atas maka Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Institut Agama Islam Negeri Manado, Husni Idris bersama dengan Kepala Pusat Audit LPM IAIN Manado Ridwan pada tanggal 18 sampai dengan 20 Juni 2019 mengikuti kegiatan Lokakarya Audit Mutu Internal di Makassar yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan mahasiswa Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Lokakarya dibuka oleh Kasubdit Penguatan Mutu, Masluhin Hajaz didampingi Kasi Revitalisasi Program, Sri Hariyanti ; staf Subdit Penguatan Mutu, dan para narasumber antara lain Prof. Hartanto Nugoroho, Dr. Retno Indrati, Dr. Gentur Sutapa, Ir. Achmad Wicaksono, Ph.D., Dr. Alberta Rika, dan Dr. Elvi Rusmiyanto.

Lokakarya diawali dengan paparan rambu-rambu pelatihan AMI, Pengertian AMI, Perencanaan AMI, Pelaksanaan AMI, Kode Etik auditor, dan praktik AMI dokumen menggunakan dokumen SPMI dari 15 program studi milik UNM. Dokumen SPMI itu antara lain berasal dari Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Geografi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Teknik Otomotif, Pendidikan Teknik Elektronika, Penjaskesrek, PGSD, Bimbingan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Akuntansi, Manajemen, Pendidikan Seni Rupa.

Menurut Kepala LPM IAIN Manado, Husni Idris, kegiatan Lokakarya tersebut memiliki arti penting bagi peserta khususnya IAIN Manado, dalam rangka peningkatan kapasitas auditor internal yang pada gilirannya akan berimbas pada peningkatan mutu di lingkungan IAIN Manado. “Diharapkan dari kegiatan tersebut akan ada auditor-auditor internal yang nantinya akan secara bersama-sama menjaga dan meningkatkan mutu di IAIN Manado”, tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: